Selasa, 06 November 2012

definisi dan tanda kehamilan


Apa Itu Kehamilan?

By : Tika Indah Primasari
 

            Kehamilan adalah penyatuan sperma daari laki laki dan ovum dari perempuan yang dimulai dari konsepsi sampai janin lahir. Lama hamil normal yaitu 280 hari atau 9 bulan 7 hari yang dihitung dari hari pertama haid terakhir.
            Kehamilan dibagi atas tiga trimester yaitu kehamilan triwulan I antara 0-12 minggu, kehamilan triwulan II antara 12-28 minggu, kehamilan triwulan III antara 28-40 minggu.
Tanda tanda kehamilan presumtif / tidak pasti amenorea, mual dan muntah (nausea and vomiting), mengidam, tidak than suatu bau-bauan, pingsan, anoreksia, lelah, miksi sering, konstipasi/obstipasi, adanya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya yang kira kira terjadi diatas minggu ke 12 kehamilan, keputihan atau keluar cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal, gusi bengkak terutama pada bulan pertama kehamilan, perubahan payudara menjadi lebih tegang dan membesar, varises.
Tanda kemungkinan hamil yaitu perut membesar, uterus membesar, tanda hegar, tanda Chadwick, tanda piscaseck, braxtons hicks, teraba ballottement, reaksi kehamilan positif.
Tanda pasti kehamilan yaitu pada perabaan dibagian perut adanya janin serta gerak janin. Bila didengarkan menggunakan alat Doppler maka akan terdngar detak jantung janin. Pada pemeriksaan USG dilihat gambar janin. Pada pemeriksaan rontegen terlihat gambaran rangka janin.
Macam macam kehamilan ada 2 yaitu kehamilan intra uteri dan ekstra uteri. Kehamilan intra uteria merupakan kehamilan secara umum ,yaitu; kehamilan yang pertumbuhan embrio atau janin berada di dalam uteri ( rahim ). Kehamilan ektra uteri merupakan kehamilan yang perkembangan janinnya berada di luar uteri atau rahim, yaitu  disalurkan tuba falopi, kehamilan ini biasa kita kenal dengan “ hamil diluar kandungan” kehamilan ini tidak mungkin berkembang dan berlanjut, karena akan membahayakan ibu serta janinnya. Dan janin tidak mungkin hidup lebih lama lagi sebab ruang hidupnya seharusnya berada didakam rahim, bukan disaluran tuba fallopi. Sehingga kehamilan ini menyebabkan kematian janin.
Etiologi kehamilan dari suatu kehamilan akan terjadi bila terdapat lima aspek berikut yaitu: 1) Ovum adalah suatu sel dengan diameter ± 0, 1 mm  terdiri dari suatu nucleus yang terapung – apung dalam vitelus di lingkari oleh zona pelusida oleh kromosom radiate. 2) Spermatozoa berisi inti , leher yang menghubungkan kepala dengan bagian tengah dan ekor yang dapat bergerak sehingga sperma dapat bergerak cepat. 3) Konsepsi adalah suatu lperistiwa penyatuan antara sperma dan ovum di tuba falopi. 4) Nidasi adalah masukknya atau tertanamnya hasil konsepsi ke dalam endometrium. 5) Plasentasi adalah alat yang sangat penting bagi janin yang berguna untuk pertukaran zat antara ibu dan anaknya dan sebaliknya.
Lama Kehamilan dibagi menjadi beberapa antara lain: 1) abortus adalah kehamilan yang lama usia kehamilannya kurang dari 20 minggu. Kehamilan ini sering di iringi dengan kematian janin , karena lahirnya janin belum pada waktunya atau sebelum plasenta lahir. 2) Imatur adalah kehamilan yang lama usianya kurang dari 28 minggu. Bayi yang lahir pada kehamilan ini biasanya di sertai dengan BBLSR (berat  bayi lahir sangat rendah). 3) Prematur adalah kehamilan yang lama usianya kurang dari 37 minggu. Bayi yang lahir pada kehamilan nini disertai dengan keadaan BBLR (berat bayi lahir rendah). 4) Matur atau Aterm adalah kehamilan yang lama usianya sudah cukup umur atau normal yaitu antara 37 – 42 minggu. Pada kehamilan ini bayi lahir dengan keadaan berat badan normal. 5) Post matur adalah kehamilan yang lama usianya lebih dari 42 minggu. Kehamilan ini biasanya kehamilan abnormal.
Frekuensi Kehamilan antara lain Nuligravida adalah seorang wanita yang belum pernah hamil dan melahirkan, primigravida adalah seorang wanita yang pernah melahirkan bayi hidup untuk pertama kali,atau seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya, multigravida adalah seorang wanita yang pernah melahirkan bayi viable beberapa kali(sampai 5 kali), grandegravida adalah seorang wanita yang pernah melahirkan bayi sebanyak 6 kali atau lebih,hidup atau mati.
           



DAFTAR PUSTAKA



Mochtar, Rustam.1998.Sinopsis Obstetri.Jakarta.EGC

Prawirohardjo, Sarwono.2005.Ilmu Kebidanan.jakarta.EGC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar